Friday 19 October 2012

Forum Inotek, Gali Jiwa Wirausaha Inovator Teknologi Indonesia

Jakarta - Hasil  penelitian teknologi yang banyak di Indonesia, dinilai harus lebih mendapatkan perhatian dan mengenalkan produk penelitian ke masyarakat luas. Forum Inovasi Teknologi (Inotek) menjadi salah satu wadah tepat bagi para inovator untuk lebih mengenalkan produk-produk yang telah diciptakan.

Forum Inovasi Teknologi merupakan kedua kalinya digelar oleh Yayasan Inovasi Teknologi. Forum Inotek yang digelar dengan tiga tema utama yakni pameran, seminar, dan penghargaan ini juga ingin menggali potensi kewirausahaan dari inovator teknologi di Indonesia.

Pada forum Inotek yang digelar di FX Plaza ini dipamerkan sekira 30 inovasi teknologi, yang 11 diantaranya di bawah asuhan Yayasan Inotek. "Inotek ingin menggali potensi kewirausahaan dari inovator akar rumput, yang inovasinya lahir dari permasalahan yang sering dihadapi masyarakat," kata salah satu pendiri Yayasa Inovasi Teknologi Indonesia, Sandiaga Uno di FX Plaza, Jakarta, Jumat (19/10/2012).

Dipilihnya mall sebagai lokasi pameran teknologi, diungkapkan Sandiaga, sebagai salah satu cara untuk menyebarluaskan inovasi-inovasi teknologi yang dipamerkan. "Sebagai barang baru, tentu inovasi harus diperkenalkan. Di mall ini pengunjung bisa lihat penemuan-penemuan inovator akar rumput ini," jelasnya.

Sandiaga mengharapkan, kegiatan positif para inovator teknologi tidak terganggu, sehingga bisa menumbuhkan inovasi-inovasi lain yang positif. "Media salah salah satu yang berperan mengenalkan inovasi-inovasi dan semoga tidak ada gangguan dari berbagai pihak, sehingga bisa menumbuhkan inovasi-inovasi positif," ungkapnya.

Lebih lanjut Business Development manager Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia, Setyowati Rahayu, misi utama forum Inotek ialah menyebarluaskan inovasi teknologi yang aplikatif, sehingga bisa langsung diterapkan.

"Kalau teknologi tidak dikomersialkan, tentu hasilnya tidak bisa dinikmati masyarakat luas. Kami berharap inovasi teknologi ini tidak hanya diterapkan hanya satu di wilayah saja, tapi seluruh Indonesia hingga luar negeri," jelasnya.

"Inovasi-inovasi yang dipamerkan ini sifatnya terbuka, bukan hanya akdemisi. Kami mencari penemuan-penemuan yang bisa memberikan dampak ke masyarakat dan bisa menjadi unit bisnis dari inovatornya," ungkap Setyowati.

Yayasan Inotek, kata Setyowati, memfasilitasi penemuan-penemuan mulai dari purwarupa hingga menjadi produk jadi. Tapi sebelumnya, para inovator yang memenuhi kriteria akan diseleksi terlebih dahulu, setelah itu mereka akan dibantu dengan bantuan dana, mentoring, hingga produknya menjadi sebuah bisnis.

Forum Inotek akan berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini (19/10) hingga Minggu (21/10), mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam.(amr)

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...