Tuesday 16 October 2012

Monorail Akan Gantikan Busway

 Adhi Karya: Monorail Akan Gantikan Busway

Joko Widodo telah memberikan lampu hijau kepada Adhi Karya.

http://us.media.viva.co.id/thumbs2/2010/09/07/95885_tiang-monorel-membuat-jalanan-macet_209_157.jpg
Monorail akan menggantikan busway.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah memberikan lampu hijau kepada PT Adhi Karya Tbk untuk membangun Jakarta Link Transportation Monorail Project di Jakarta dengan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah.

Monorail ini akan menggantikan peran busway yang akan digeser menjadi feeder bus.

Direktur Utama Adhi Karya, Kiswo Darmawan menjelaskan, untuk membangun Jakarta Monorail usungan konsorsium Adhi Karya, LEN, INKA itu dibutuhkan kerja sama dengan BUMD karena proyek tersebut berada di DKI Jakarta.

"Konsorsium BUMN akan di bawah 50 persen, karena kita sebagai pendidik saja," katanya di Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa 16 Oktober 2012.

Kiswo menuturkan, monorail yang akan dibangun konsorsium Adhi Karya ini akan menelan investasi sebesar Rp60,55 triliun. Namun, untuk tahap pertama akan menghabiskan dana Rp12 triliun yang pendanaannya diambil dari kas internal dan perbankan.

"Tahap pertama adalah koridor hijau I, yang akan dikerjakan adalah Tanah Abang 1a dan 2b. Ini paling mendesak dan urgent," katanya.

Rencananya, dia menambahkan, monorail ini sepanjang 60 kilometer dan akan menggantikan 121 kilometer jalur busway. Jika telah disetujui secara resmi oleh Pemda DKI Jakarta, waktu pembangunannya memakan waktu 2-3 tahun.

"Kita akan manfaatkan tiang-tiang monorail yang terbengkalai. Pengerjaannya akan dilakukan setelah dapat izin dari Pemda," ujar Kiswo.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyambut baik ide Adhi Karya. Setelah monorail selesai, menurutnya, bus trans Jakarta dapat dialihkan untuk feeder transportasi di luar Jakarta.

 Tiang Pancang Monorel Yang Batal Di Bangun

Monorel Bakal Lanjut, Adhi Karya Siap Presentasi Ulang

http://img.beritasatu.com/images/medium/22112011173054.jpgMeski masih merahasiakan apa saja yang akan dipaparkan Jumat, Kiswodarmawan berharap dapat menghasilkan keputusan

Rencana pembangunan monorel dipastikan dilanjutkan. Sehubungan dengan hal itu, Kementerian Badan Usahan Milik Negara (BUMN) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun dikatakan bakal menyiapkan konsep baru.

Direktur Utama PT Adhi Karya, Kiswodarmawan, yang turut hadir dalam pertemuan antara Gubernur DKI Jakarta dengan Menteri BUMN di kantor Kementerian BUMN sore ini, mengaku akan melakukan presentasi kelanjutan proyek monorel di depan Wakil Gubernur (Wagub) Basuki Tjahaja Purnama, Jumat (19/10) depan.

"Saya tanggal 19 besok dengan Pak Wagub akan bertemu, karena Pak Wagub yang akan menangani teknisnya," kata Kiswodarmawan, hari ini.

Meski masih merahasiakan apa saja yang akan dipaparkan Jumat, Kiswodarmawan berharap dapat menghasilkan keputusan keberlanjutan pembangunan monorel tersebut.

"Semoga lanjut. Ini kan proyek investasi, tergantung bagaimana kita mendapatkan uang. Makanya, kita mengajak BUMD dan konsorsium BUMN. Kita bagian dari investor akan menggandeng BUMD," paparnya.

Sementara, Menteri BUMN Dahlan Iskan, mengatakan bahwa dirinya sepenuhnya mendukung adanya keberlanjutan proyek monorel ini, karena dianggap dapat membantu mengurangi beban transportasi di ibukota yang semakin menumpuk.

"Tadi kita bicarakan, monorel itu mau diapakan. Kita cari solusinya, supaya bisa membawa orang dari sekitar Jakarta seperti Bekasi dan seterusnya, supaya tidak semua mobil masuk ke Jakarta," tukasnya.

Diakui Dahlan, dirinya akan secara suportif mendukung program-program dari Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, khususnya dalam masalah penanganan sistem transportasi Jakarta.

"Kita kan bertetangga, dan BUMN punya banyak kemampuan yang bisa disumbangkan. Apa yang bisa, ikut mengatasi dan menyumbangkan program-program yang akan dijalankan," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...