Saturday 9 March 2013

Apple terseret kasus ebook


Apple Terseret Kasus ebook
Dalam sebuah persidangan, nama Apple tercoreng karena diduga melakukan aksi sabotase yang merugikan pihak lain. Untuk mengetahui keterlibatannya, CEO Apple, Tim Cook, pun rencananya akan ikut dimintai keterangan.

Seperti yang dilansir oleh Reuters (8/3), persidangan ini mengangkat isu seputar naiknya harga ebook di pasara Amerika Serikat. Diyakini, kenaikan harga ini akibat ulah bawah tangan Apple dengan beberapa penerbit ebook untuk menaikkan harga jual mereka.

Hal ini sepertinya dilakukan untuk menjatuhkan Amazon. Patut diketahui, Amazon selama ini memang merupakan pemain besar dalam pasar penjualan ebook tersebut.

Atas dugaan tersebut, maka Hakim Denise Cote pun meminta kehadiran seorang saksi dari Apple untuk menjelaskan duduk perkaranya. Sehingga, nama Tim Cook pun dipanggil untuk memberikan testimoni terkait kasus konspirasi ini pada 13 Maret mendatang melalui sambungan telekonferensi dengan sang hakim.

Kasus ini pertama kali didaftarkan oleh pengacara pemerintah ketika menyadari adanya kejanggalan terkait penjualan ebook di Amerika Serikat. Meningkatnya harga ebook ini pun menyeret nama Apple beserta tiga penerbit terkemuka seperti Pearson Plc dari Penguin Group, HarperCollins Publishers Inc dari News Corp dan Simon & Schuster Inc dari CBS Corp.

Dalam persidangan, pihak penuntut tidak meminta adanya ganti rugi secara materiil. Namun, mereka meyakini bahwa Apple telah melanggar undang-undang antitrust.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak Apple sendiri belum memberikan konfirmasi. apapun Sementara, pihak yang merasa dirugikan, Amazon, juga seakan enggan untuk ikut campur dalam masalah ini.


Merdeka

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...