Friday 8 March 2013

Minggu, komet Pan-STARRS dapat dilihat dari Indonesia

Komet Pan-STARRS
Orang-orang yang hidup di belahan bumi utara akan mendapatkan sajian menarik di angkasa hari ini (08/03). Ada kemungkinan, masyarakat Indonesia juga dapat melihatnya pada hari Minggu (10/03) besok.

Sejak ditemukan pada bulan Juni 2011 lalu, akhirnya komet yang dinamakan Pan-STARRS atau C/2011 L4 dapat dilihat dengan mata telanjang di belahan bumi utara.

Seperti dilansir National Geographic (07/03), 2 tahun lalu, Pan-STARRS masih terlihat di lintasan orbit antara Jupiter dan Saturnus, namun beberapa minggu kemarin, arah laju komet satu ini semakin mendekati bumi.

Para peneliti mengatakan bahwa tidak ada yang perlu ditakuti, karena Pan-STARRS tidak akan menabrak bumi walaupun jaraknya hanya sekitar 147 juta kilometer dari planet ini.

Sayangnya, Indonesia bukanlah negara yang tepat untuk melihat melintasnya komet yang memiliki cahaya terang ini ketika benda langit itu berada di titik ekuator.

Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara kemungkinan baru dapat menikmati pemandangannya ketika Pan-STARRS mencapai titik perihelion atau garis lintas yang menuju matahari sekitar tanggal 10 Maret nanti.


Merdeka

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...