Wednesday 3 October 2012

Batam Eksportir Kapal Terbesar

KCR Palindo, Batam
BATAM - Batam merupakan penghasil kapal dan pengekspor kapal terbesar di Tanah Air dengan 90 perusahaan galangan kapal yang sebagian besar produksinya untuk ekspor. Kontribusi Batam terhadap ekspor kapal di Tanah Air akan terus meningkat seiring banyaknya investor yang tertarik membangun galangan kapal di kota itu.

Ketua Kadin Kepri, Johanes Kennedy Aritonang, mengatakan industri galangan kapal di Batam terus tumbuh, bahkan produksi yang dihasilkan sudah lebih tinggi dibanding Surabaya dan daerah lainnya. Hal itu terlihat dari data realisasi ekspor kapal RI selama periode Januari hingga September 2012 yang sebagian besar diperoleh dari Batam.

"Data Badan Pusat Statistik menunjukkan realisasi ekspor kapal RI selama sembilan bulan pertama tahun ini mencapai 1,01 miliar dollar AS, naik signifikan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang 0,68 miliar dollar AS. Sebagian besar atau 60 persen hasil ekspor diperoleh dari Batam," kata dia, Senin (1/10).

Kondisi itu, kata Kennedy, mempertegas Batam sebagai daerah yang diperhitungkan dalam produksi kapal di Tanah Air dan luar negeri, khususnya untuk tipe tugboat, karena sebagian besar tugboat di Tanah Air diproduksi di Batam. Kapal-kapal buatan Batam diketahui sudah sampai pasar Eropa dan Amerika. Sayangnya, ekspor masih dilakukan di Singapura. Hal itu dikarenakan tidak adanya pelabuhan di Batam yang khusus menuju negara tujuan. gus/E-3

© Koran Jakarta

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...