Wednesday 3 October 2012

Pertamina Perluas Bisnis Energi

Jakarta - PT Pertamina Persero akan ekspansi merambah bisnis energi dari hulu ke hilir seiring perubahan anggaran dasar dari perusahaan minyak dan gas bumi menjadi perusahaan energi pada dua bulan lalu.

"Konsep bisnis kami sekarang tidak lagi hanya minyak dan gas, tapi lebih luas ke energi," ujar Sekretaris Perusahaan PT Pertamina, Nursatyo Argo, di Jakarta, Senin (1/10). Ia mengatakan perubahan konsep bisnis dari perusahaan minyak dan gas (migas) ke energi tersebut merupakan bagian dari antisipasi semakin menurunnya cadangan bahan bakar fosil dan gas.

"Kami akan mengembangkan bisnis ke berbagai sumber energi, seperti energi terbarukan, panel surya (solar cell), dan panas bumi, bahkan menjadi produsen dan pemasok energi listrik," ujar dia. Pertamina, lanjut Argo, masuk ke bisnis energi juga merupakan bagian dari upaya mendukung pemerintah dalam ketahanan energi nasional.

Untuk itu, Pertamina telah menggandeng PT LEN Industri untuk bekerja sama mengembangkan panel surya, yang ditargetkan studi kelayakannya selesai akhir tahun ini. "MoU nota kesepahamannya sudah ditandatangani beberapa waktu lalu," kata dia. [aan/E-3]

© Koran Jakarta

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...