Thursday 4 October 2012

Hasil Penelitian Mangkrak, Hipmi Gandeng IPB

Logo HipmiJakarta - Hasil penelitian baik di sektor pertanian, pangan, hingga teknologi yang mangkrak di gudang-gudang universitas memunculkan simpati bagi para pengusaha. 

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Raja Sapta Oktohari mengatakan hasil-hasil penelitian tersebut bisa diterjemahkan ke pasar.

"Hasil riset itu ada nilai ekonomisnya. Sayang jika hanya jadi pajangan di gudang," kata Okto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (4/10/2012).

Okto menilai, selama ini terdapat missing link antara dunia penelitian dengan pasar. Seharusnya, kata dia, setiap penelitian itu bisa dikoneksikan dengan kebutuhan masyarakat. Untuk menjembatani antara dunia akademisi dengan usaha, Hipmi telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) tentang kerja sama pengembangan kewirausahaan di lingkungan kampus dan pengembangan agribisnis.

"Kami berharap dengan kerja sama ini dapat meningkatkan kewirausahaan dan menjembatani dunia penelitian dan pengusaha," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengungkapkan, dari ribuan penelitian yang dilaksanakan oleh IPB, hanya 10 persen yang bisa diterjemahkan ke pasar.

"Hanya 10 persen saja hasil kreasi kami, yang saat ini ada di masyarakat. Sisanya ya hanya berupa laporan di meja-meja saja. Ini sungguh disayangkan," jelasnya.

Menurutnya, saat ini banyak mahasiswa yang orientasinya bukan hanya kuliah tapi juga bisnis. Dia berharap, dengan semakin banyak mahasiswa yang berwirausaha, maka akan semakin besar pula hasil-hasil penelitian yang bisa diterjemahkan ke pasar. (gna)


© Okezone

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...