Saturday 6 October 2012

Ingin Mendunia, Pertamina Jual Oli Sampai ke Jepang

Pertamina mengaku sudah menguasai 60% pasar produk pelumas Indonesia.



Perusahaan minyak nasional, PT Pertamina (Persero) mulai serius menggarap pasar internasional sebagai bagian dari upayanya go global. Kali ini bidikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut adalah negara penghasil otomotif dunia, Jepang.

“Pertamina memiliki visi menjadi world class energy company yang mengintegrasikan bisnis upstream dan downstream termasuk bisnis pelumas. Tentunya bisnis pelumas kami juga harus berstandar world class,” kata Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiwan dalam keterangan tertulis, Sabtu, 6 Oktober 2012.

Untuk merayu konsumen Negeri Sakura, Pertamina bahkan sengaja mengundang Presiden Director of Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nanomi. Bos produsen mobil tersebut diminta memberikan penjelasan dan pengalaman Toyota selama menggunakan produk Pertamina.

Selama ini, untuk pelumas retail, Pertamina telah menjalin kerjasama dengan Inoa Shouji sebagai exclusive country distributor. Bersama-sama dengan country distributor-nya, Pertamina sudah memasok 10 cabang department store NAFCO yang berlokasi di selatan Jepang.

Karen mengklaim, Pertamina telah menjadi pemimpin pangsa pasar di dalam negeri dengan menguasai 60 persen pasar produk pelumas. Dengan kondisi itu, perusahaan kini tengah bergerak agresif ke luar negeri.

Selain Jepang, pelumas Pertamina telah tersebar ke 22 negara, seperti Australia, Uni Emirat Arab, China, Singapura, Myanmar, dan Pakistan.

"Berdasarkan pengalaman kami selama dua tahun terakhir, pasar Jepang sangat menjanjikan untuk produk pelumas Pertamina,” kata Karen.

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...